Jenis Ruam yang Umum Terjadi pada Anak

duipee
Ruam kulit (bintil-bintil merah pada kulit) sering terjadi pada anak-anak, dan dalam banyak kasus tidak perlu dikhawatirkan. Meskipun begitu, mengetahui jenis ruam pada anak membantu orang tua membedakan mana yang membutuhkan perawatan medis dan yang bisa dirawat di rumah.

Gigitan serangga

Gigitan serangga lazim terjadi, terutama pada anak-anak yang cukup umur untuk keluar rumah.
Kebanyakan ruam akibat gigitan semut, nyamuk, tawon, dan bahkan laba-laba tidak berbahaya kecuali jika serangga tersebut beracun atau anak Anda mengalami reaksi alergi terhadapnya. Dalam kasus tersebut, akan memiliki gejala lain selain ruam tersebut.

Perlu dicatat bahwa orang tua sering kali mewaspadai gigitan nyamuk karena penyebab penyakit demam berdarah dan malaria.

Kabar baiknya adalah banyak pengusir nyamuk tersedia di pasaran untuk mengusir nyamuk dan serangga lainnya.

Cacar air

Cacar air juga umum terjadi pada anak-anak. Ini disebabkan oleh virus varicella dan menghasilkan benjolan gatal yang kemudian berubah menjadi lecet dan kemudian mengeras. Beberapa anak mungkin hanya memiliki beberapa bintik, tetapi yang lain akan memiliki ruam yang meluas.

Tidak ada pengobatan khusus untuk cacar air, tetapi beberapa obat membantu meringankan gejalanya. Misalnya, parasetamol menurunkan demam dan lation kalamin membantu mengatasi gatal. Terakhir, penting untuk diketahui bahwa cacar air adalah kondisi yang dapat dicegah dengan vaksin.

Biang keringat

Yang juga termasuk dalam jenis ruam yang umum pada anak adalah ruam biang keringat.
Biang keringat terjadi ketika keringat terperangkap di kulit, menghasilkan benjolan kecil berwarna merah, biasanya di area lipatan kulit.

Cara terbaik untuk mencegah dan mengobati biang keringat adalah dengan menghindari keringat. Itulah mengapa anak-anak yang mengalami ruam karna biang keringat perlu berada di tempat yang berventilasi baik, tempat sejuk, dan mengenakan pakaian longgar yang dapat bernapas.

Eksim

Tentu saja, eksim juga merupakan salah satu penyebab ruam yang umum terjadi pada anak-anak.
Eksim adalah istilah yang diberikan untuk kondisi yang membuat kulit menjadi merah, gatal, meradang, dan terkadang bersisik. Ada beberapa jenis eksim yang paling umum adalah dermatitis atopik.

Penyebab pasti eksim masih belum diketahui, tetapi orang tua dapat mengidentifikasi pemicu yang memperburuk gejala. Salah satu pemicu umum adalah udara dingin dan kering, karena membuat kulit kering dan rentan terhadap iritasi dan infeksi. Pemicu umum lainnya adalah bahan kimia keras yang ditemukan dalam produk perawatan seperti sabun dan sampo.

Perawatan untuk eksim fokus pada pencegahan kekeringan, penyembuhan ruam dan menghindari gatal dan peradangan lebih lanjut.

Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut

Penyakit tangan, kaki, dan mulut adalah infeksi virus ringan yang menyebabkan sariawan dan ruam di tangan dan kaki. Penyakit tangan, kaki dan mulut menular; itulah mengapa Anda perlu mengisolasi anak dan mempraktikkan cuci tangan secara teratur, desinfeksi dan kebersihan yang baik.

Karena penyebabnya adalah infeksi, anak Anda mungkin juga mengalami demam dan gejala lain seperti kehilangan nafsu makan dan perasaan tidak nyaman secara umum.

Masih belum ada pengobatan untuk penyakit tangan, kaki dan mulut, dan gejalanya biasanya hilang dalam 10 hari. Namun, dokter mungkin tetap memberikan obat pada anak Anda untuk mengobati luka dan meredakan ketidaknyamanan.

Kurap

Jenis ruam umum lainnya pada anak-anak adalah kurap, infeksi jamur yang menghasilkan bercak kulit berwarna merah atau bersisik seperti cincin. Yang membuat kurap tidak nyaman adalah ruam biasanya terasa gatal dan meradang.

Anak-anak dapat mengalami ruam di mana saja di tubuh mereka, tetapi paling sering terjadi di lengan dan tungkai. Jika kurap terjadi di kulit kepala, anak mungkin memiliki bercak botak.

Untungnya, sebagian besar kasus kurap dapat diobati dengan baik obat anti jamur yang dijual bebas. Ruam di kulit kepala terkadang membutuhkan tablet dan sampo anti jamur.

Hal penting lainnya yang perlu diingat tentang kurap adalah Anda harus menghentikan penyebarannya. Hindari berbagi barang pribadi dalam keluarga dan jangan lupa untuk mendisinfeksi permukaan dan benda yang sering disentuh.

Gatal-gatal

Biduran menyebabkan timbulnya ruam gatal yang menyebar luas atau terlokalisasi. Penyebab pada anak bervariasi. Bisa jadi karena alergen, iritan, obat-obatan, atau faktor seperti aktivitas fisik dan panas.

Para ahli mengatakan bahwa gatal-gatal seringkali berumur pendek, dan kebanyakan kasus dapat diobati dengan antihistamin.

Kapan Menghubungi Dokter untuk mengobati Ruam

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kebanyakan ruam tidak berbahaya. Namun, bawalah anak Anda ke dokter jika mereka memiliki:
  • Kulit cerah dan merah yang terkelupas di seprai.
  • Kulit melepuh besar.
  • Terlihat kurang sehat.
  • Demam.
  • Minum obat resep dalam 3 hari terakhir.
  • Menstruasi dan menggunakan tampon.
Tags