7 Bahan Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

duipee
Orang Indonesia suka makan, terutama makanan manis dan berminyak. Namun, mayoritas makanan bila dimakan berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan. Untungnya, beberapa jenis makanan dapat membantu seseorang menjadi langsing jika dimakan dalam jumlah sedang.

Ada banyak makanan tersedia di pasar yang dapat meningkatkan pencernaan dan mempercepat metabolisme, mendorong penurunan berat badan.

Namun, diet dan olahraga yang tepat tetap penting dalam menurunkan berat badan. Berikut adalah daftar singkat bahan-bahan yang akan membantu Anda menurunkan berat badan Anda.

Ide Bahan Makanan untuk Menurunkan Berat Badan Anda


1. Cabai

Orang mengira makanan pedas hanya memengaruhi selera Anda. Tapi kenyataannya, capsaicin, zat yang menyebabkan rasa panas dan terbakar pada cabai, juga bisa membantu membakar lemak tubuh.

2. Sayuran berdaun hijau

Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan memilih makanan kaya protein seperti ayam dan daging sapi.

Tetapi sumber protein lain yang baik adalah sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan kangkung, yang juga terdapat vitamin dan mineral.

Protein membantu Anda merasa kenyang lebih lama, dapat membantu mencegah keinginan makan berlebihan.

3. Kacang

Di Indonesia, ada beragam kacang lokal yang dapat dipilih, menjadikannya bahan serbaguna untuk menurunkan berat badan Anda.

Tapi yang paling populer adalah kacang hitam, kacang merah, dan kacang hijau. Ini adalah sumber tiamin, kalium, fosfor, magnesium, besi, asam folat, dan serat larut yang bagus dan murah.

Kacang rendah garam, rendah lemak, dan memiliki kolesterol nol. Mengkonsumsi setengah cangkir kacang matang setiap hari dapat membantu mengatur kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol Anda.

Para peneliti di University of California di Davis menyatakan bahwa kacang dapat membantu meningkatkan kadar kolesistokinin yang ada dalam tubuh manusia. Ini adalah hormon pencernaan yang secara alami menekan nafsu makan Anda.

4. Telur

Menurut studi dari Journal of American College of Nutrition, orang yang mengonsumsi telur untuk sarapan cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori di kemudian hari, dan lebih puas dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Sebuah studi terpisah juga menyatakan bahwa protein dari telur dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Telur berukuran besar mengandung 6 gram protein, 75 kalori dan mengandung 212 mg kolestero

5. Salmon

Jika Anda ingin meningkatkan metabolisme, mengkonsumsi ikan salmon sangat dianjurkan. Ikan ini kaya akan Asam Lemak Omega-3 yang sangat penting dalam memerangi penyakit metabolisme dan obesitas.

Ikan salmon juga mengandung yodium, nutrisi utama dalam memastikan fungsi tiroid normal. Tiroid memainkan peran penting dalam mengatur metabolisme Anda.

6. Cokelat hitam

Cokelat dikenal manis dan memberikan gigitan rasa manis yang sempurna. Namun pilihan yang lebih baik adalah memilih dark chocolate yang memiliki rasa sedikit pahit.

Cokelat hitam berbeda dengan jenis makanan yang disebutkan sebelumnya. Itu tidak membakar lemak atau meningkatkan laju metabolisme. Namun, secara efektif meningkatkan energi Anda. Ini juga memberi tubuh magnesium yang membantu menjaga fungsi saraf dan otot.

Selain itu, dark chocolate juga merupakan pereda stres yang bagus. Ini akan membantu Anda merasa lebih hidup dan lebih energik saat berolahraga.

7. Pisang

Pisang juga merupakan makanan diet terkenal di Indonesia.
Menurut studi dari Journal of Nutrition Biochemistry, pisang - yang mengandung leucocyanidin flavonoid - bertindak sebagai antasid alami untuk lambung.

Pisang tidak hanya membuat Anda merasa kenyang, tetapi juga melindungi Anda dari gastritis akibat aspirin. Selain itu, pisang dapat membantu memperbaiki lapisan selaput lendir lambung yang rusak.

Karena pisang mengandung kalium dan triptofan, pisang baik untuk jantung dan membantu meningkatkan mood seseorang juga.

Namun, yang terbaik adalah makan pisang dalam jumlah sedang, terutama jika Anda penderita diabetes. Hindari yang terlalu matang dan manis.

Selain melakukan lebih banyak olahraga, susunlah rencana makan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Bahan-bahan peningkat kesehatan yang disebutkan di atas adalah hal yang bagus untuk memulai.
Tags