Mengapa Latihan Kekuatan Penting ?

duipee
Kekuatan seseorang sangat penting dalam melakukan aktivitas dan tugas sehari-hari. Latihan kekuatan biasanya mencakup latihan yang membakar kalori secara efisien, mengurangi persentase lemak tubuh, dan meningkatkan massa otot tanpa lemak. Sepanjang artikel, Anda akan belajar tentang mengapa latihan kekuatan penting dalam rutinitas olahraga Anda.

Manfaat Latihan Kekuatan


Secara umum, latihan kekuatan memberikan banyak manfaat:

Manajemen Berat Badan
Latihan kekuatan membantu individu mengembangkan metabolisme dan menurunkan berat badan karena faktor pembakaran kalori yang melekat dari latihan tersebut.

Mengelola Kondisi Kronis
Latihan sama yang digunakan untuk meningkatkan kekuatan tubuh dapat memperlambat perkembangan kondisi kronis, serta membantu mengurangi keparahan gejalanya. Orang dengan kondisi seperti radang sendi, obesitas, sakit punggung, penyakit jantung, diabetes dan depresi bisa mendapatkan keuntungan dari latihan kekuatan.

Perkembangan Tulang
Latihan kekuatan secara positif dapat mempengaruhi kepadatan dan kekuatan tulang, sekaligus mengurangi risiko osteoporosis.

Kemampuan Kognitif yang Ditingkatkan
Meskipun pada awalnya tampak tidak masuk akal, penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat membantu orang dewasa meningkatkan keterampilan berpikir dan belajar mereka.

Peningkatan Kualitas Hidup Secara Keseluruhan
Latihan kekuatan dapat meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan kemampuan individu untuk menyelesaikan tugas sehari-hari tanpa kesulitan. Ini juga membantu membangun keseimbangan dan mengurangi risiko jatuh dan tersandung.

Contoh Latihan Kekuatan


Latihan dapat dilakukan di gym atau di rumah, dan yang terakhir menjadi pilihan yang lebih aman selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pilihan paling umum meliputi:
  • Latihan Angkat Berat
  • Latihan Berat Badan
  • Latihan Resistensi Tubing
  • Latihan Tanpa Beban
Para ahli merekomendasikan jalan cepat selama 5-10 menit dan melakukan peregangan sebelum berolahraga. Jika Anda berusia di atas 40 tahun, atau memiliki kondisi kronis, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum memulai segala bentuk olahraga.

Untuk rencana latihan menyeluruh, serta tip tentang cara berolahraga dengan aman, konsultasikan dengan pelatih kebugaran profesional bersertifikat.

Latihan Kekuatan Khusus


Aktivitas yang diklasifikasikan sebagai latihan kekuatan dapat digunakan untuk menargetkan area otot tertentu. Bergantung pada kebutuhan orang tersebut, ada banyak sekali latihan yang dapat dilakukan di gym atau di rumah untuk mengembangkan kekuatan otot:
  • Angkat Berat
  • Berjalan di bukit
  • Berolahraga dengan resistance band
  • Bersepeda
  • Push up dan sit up
  • Yoga dan Pilates
  • Betis mengangkat dan mengangkat kaki
  • Bicep curl dan pull up

Efek Kelelahan dan Aktivitas Berlebihan


Kelelahan adalah efek samping yang umum terjadi pada orang yang berolahraga. Namun, beberapa orang rentan terhadap aktivitas berlebihan, mengacu pada tubuh Anda yang mengalami kesulitan mengatasi jumlah pekerjaan yang dilakukan pada otot Anda. Kunci untuk mengembangkan kekuatan tubuh adalah dengan memahami batasan Anda dan menghindari kelelahan, karena sering kali menyebabkan cedera.

Rekomendasi, terutama untuk pemula, adalah mencoba melakukan latihan kekuatan untuk semua kelompok otot Anda setidaknya dua kali seminggu. Jangan pernah melatih kelompok otot yang sama dua hari berturut-turut, karena ini dapat menyebabkan kelelahan.

Kesimpulannya, latihan kekuatan penting karena dapat meningkatkan tingkat kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan dari semua individu. Mereka yang baru berolahraga harus berkonsultasi dengan dokter dan instruktur kebugaran berlisensi sebelum memulai rutinitas baru.
Tags