6 Manfaat Latihan Aerobik Meningkatkan Kesehatan Anda

duipee
Latihan aerobik, juga disebut sebagai kardio, adalah latihan fisik yang membutuhkan oksigen selama prosesnya. Oksigen yang cukup dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh akibat metabolisme aerobik. Ada cukup banyak manfaat kesehatan dari senam aerobik.

Jenis latihan ini bisa berintensitas rendah hingga tinggi, mulai dari jalan kaki hingga joging, lari jarak jauh, atau bahkan berenang.

Latihan aerobik melibatkan gerakan berulang dari kelompok otot besar tubuh Anda, seperti yang ada di lengan, kaki, dan batang tubuh Anda.

Saat aktivitas berlangsung, Anda akan bernapas lebih dalam dan lebih cepat untuk memastikan bahwa darah Anda mendapatkan jumlah oksigen maksimum yang dibutuhkan. Dengan demikian, jantung Anda berdetak lebih cepat untuk memompa dan meningkatkan aliran darah ke otot Anda.

Apa Manfaat Kesehatan dari Latihan Aerobik?


Jika dilakukan dengan benar dan teratur, orang dari segala usia dapat menikmati manfaat kesehatan dari senam aerobik.

1. Meningkatkan Kebugaran Secara Keseluruhan

Latihan aerobik meningkatkan kebugaran fisik secara keseluruhan, karena dapat menargetkan kelompok otot utama tubuh Anda.

Selama beberapa sesi pertama, biasanya Anda merasa lelah setelah melakukan latihan kardio, terutama jika Anda tidak terbiasa melakukan banyak tugas yang menuntut fisik.

Namun seiring kemajuan Anda dengan rutinitas olahraga, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan pada kekuatan, stamina, dan daya tahan Anda. Segera, Anda hampir tidak akan merasa lelah keesokan harinya.

2. Menjauhkan dari Virus

Latihan aerobik secara teratur dapat membantu mengaktifkan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Anda cenderung tidak tertular penyakit virus seperti pilek dan flu. Ini juga cara yang baik untuk mempersiapkan diri Anda dari penyakit yang tidak diketahui.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat besar senam aerobik bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung.
Olahraga meningkatkan sirkulasi dan fungsi jantung yang lebih efisien, dan Anda akan melihat peningkatan pada stamina dan daya tahan Anda.
Latihan aerobik secara teratur juga menjaga arteri tetap bersih, sehingga lebih sedikit penumpukan plak yang dapat menyumbatnya dan menyebabkan masalah besar di masa mendatang.

4. Meminimalkan Risiko Kesehatan

Melalui latihan kardio secara teratur, Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, hipertensi, diabetes, dan stroke.

Banyak di antaranya yang dianggap sebagai penyakit yang berhubungan dengan gaya hidup, yang terjadi karena rutinitas harian yang tidak banyak bergerak, makan terlalu banyak dan bergerak terlalu sedikit, dan sifat buruk lainnya yang berkontribusi pada kesehatan yang buruk.

Meluangkan waktu 30 menit hingga satu jam setiap hari untuk berjalan atau jogging dapat membantu mengurangi masalah ini.

5. Meningkatkan Mood Anda

Saat Anda melakukan latihan kardiovaskular, tubuh Anda melepaskan endorfin. Ini adalah pereda nyeri alami yang memungkinkan Anda berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah atau tegang.

Endorfin juga dikenal membawa perasaan bahagia dan sejahtera. Olahraga memberi Anda dosis kebahagiaan yang meningkatkan mood Anda sepanjang hari.

6. Menahan Penuaan

Nah, menjadi tua tidak bisa dihindari, karena kita semua mencapai usia di mana rambut kita berubah menjadi abu-abu, kulit mulai kendur, dan kita lebih mudah lelah. Dengan latihan kardio yang teratur, Anda setidaknya bisa mencoba untuk menjaga agar jam tidak berputar dengan menjaga otot Anda kuat dan sehat.

Anda tidak akan kehilangan mobilitas Anda secepat saat Anda tidak berolahraga. Anda bisa mengurangi risiko jatuh dan cedera jika Anda masih cukup fit dan gesit bahkan di usia 60-an. Latihan aerobik juga membuat Anda tetap tajam, sehingga Anda dapat melindungi ingatan seiring bertambahnya usia.

Cara Menjaga Manfaat Kesehatan dari Latihan Aerobik


Lakukan dan Pertahankan Jadwal Latihan

Sekalipun Anda hanya bisa melakukan sedikit jogging atau lari selama 30 menit hingga satu jam pada sore hari karena hari kerja yang sibuk, lebih baik persiapkan jadwal terlebih dahulu dan patuhi itu.

Apakah Anda ingin melakukannya setiap dua hari atau setiap hari untuk waktu yang lebih singkat, penting untuk menjaga rutinitas itu sampai tubuh Anda terbiasa. Saat Anda tidak berkeringat lagi, sekarang saatnya untuk meningkatkan intensitas sesuai dengan target kesehatan Anda.

Jangan Memaksa Terlalu Keras Saat Anda Melewati Sehari

Ketika Anda melewatkan satu hari dalam jadwal latihan Anda, kecenderungannya adalah menebusnya keesokan harinya. Oke, Anda merasa bersalah karena mengambil cuti karena hal lain, tetapi menebusnya tidak akan benar-benar menyelesaikan apa pun.

Anda tidak akan punya cukup waktu untuk memulihkan diri untuk tampil optimal pada sesi latihan Anda berikutnya. Seluruh jadwal Anda akan kacau dan Anda tidak akan melihat kemajuan yang sebenarnya. Alih-alih memaksakan diri untuk beberapa sesi berikutnya, Anda bisa memperpanjang jadwal Anda untuk satu atau dua hari lagi.

Luangkan Waktu untuk Beristirahat Saat Anda Merasa Terlalu Sakit

Jika Anda merasa terlalu sakit untuk menyelesaikan sesuatu dengan benar, biarkan tubuh Anda pulih daripada memaksanya melewati batasnya. Otot Anda membutuhkan waktu untuk pulih dan diperbaiki, dan jika Anda tidak mendengarkannya, olahraga mungkin akan menghasilkan lebih banyak hal buruk daripada kebaikan.

Jika Anda merasa sudah terlalu lama menjadi tukang sofa, langkah pertama Anda menuju kebugaran adalah berdiri, meregangkan kaki, dan bergerak. Ada banyak sekali latihan yang bisa Anda lakukan meski dengan ruang dan waktu yang terbatas.

Anda dapat melakukan latihan aerobik atau kardiovaskular, yang memiliki opsi intensitas rendah hingga tinggi yang dapat Anda pilih. Mulailah berolahraga hari ini dan nikmati manfaat olahraga yang baik untuk Anda di masa depan.
Tags