Manfaat Latihan Keseimbangan bagi Tubuh Anda

duipee
Memaksimalkan manfaat menjadi bugar membutuhkan aturan kebugaran yang menangani semua komponen kebugaran fisik. Namun, sebagian besar latihan hanya berfokus pada pembentukan kekuatan atau stamina, yang dapat menyebabkan pengabaian komponen penting lainnya seperti keseimbangan. Banyak orang mungkin mempertanyakan pentingnya keseimbangan; namun, ini lebih dari sekadar tetap tegak saat Anda berjalan. Baca terus untuk mengetahui bagaimana Anda bisa memetik manfaat dari latihan keseimbangan.

Apa itu keseimbangan dan mengapa itu penting?


Dalam kebugaran fisik, keseimbangan dianggap sebagai komponen kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan. Komponen kebugaran jasmani meningkatkan kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu dan memenuhi tugas sehari-hari. Keseimbangan mengacu pada kemampuan seseorang untuk tetap tegak setiap kali mereka bergerak atau dalam keadaan diam. Tanpanya, Anda tidak akan bisa berjinjit atau bahkan berjalan.

Menjaga keseimbangan Anda saat Anda masih muda juga akan menguntungkan Anda di masa depan. Memiliki keseimbangan yang baik seiring bertambahnya usia dapat membantu mengurangi risiko munculnya gangguan keseimbangan, yang dapat membuat Anda lebih rentan jatuh.

Untuk menguji keseimbangan Anda, cobalah latihan keseimbangan sederhana ini:
  1. Pejamkan mata dan berdirilah dengan kedua kaki berdekatan. Anda harus bisa tetap di tempat tanpa goyah atau kehilangan keseimbangan setidaknya selama 30 detik.
  2. Selanjutnya, cobalah berdiri dengan satu kaki di depan kaki lainnya saat mata Anda tertutup. Mereka yang memiliki keseimbangan baik tidak akan kesulitan untuk tetap di tempat tanpa bergoyang setidaknya selama 30 detik.
  3. Cobalah untuk menjaga kedua lengan Anda di depan Anda, sejauh mungkin sambil berdiri. Mereka yang memiliki keseimbangan buruk mungkin kesulitan untuk tetap tegak saat melakukan hal ini.
  4. Cobalah berdiri dengan satu kaki setidaknya selama 30 detik. Keseimbangan yang baik berarti mampu mempertahankan postur ini selama waktu tertentu.
  5. Terakhir, cobalah berdiri dengan satu kaki dengan mata tertutup. Jika Anda mengalami kesulitan mempertahankan ini setidaknya selama 30 detik, maka keseimbangan Anda perlu sedikit usaha untuk memperbaikinya.

Manfaat Latihan Keseimbangan


Memasukkan latihan keseimbangan ke dalam rutinitas Anda saat ini dapat membuat latihan Anda lebih komprehensif. Namun, manfaat dari latihan keseimbangan melampaui kebugaran seseorang secara keseluruhan.
  • Peningkatan kesadaran tubuh. "Kesadaran" ini adalah kapasitas tubuh untuk merasakan di mana anggota tubuh saat ini tanpa melihatnya. Tanpa kesadaran tubuh, Anda tidak akan bisa menuruni tangga yang biasa tanpa melihat kaki Anda. Salah satu manfaat senam keseimbangan adalah peningkatan kesadaran tubuh. Ini sangat mengurangi risiko seseorang jatuh atau cedera terkait lainnya.
  • Peningkatan waktu reaksi. Selama latihan keseimbangan, tubuh juga bekerja berdasarkan waktu reaksinya. Setiap kali Anda kehilangan keseimbangan, respons otomatisnya adalah mendapatkan kembali keseimbangan. Meningkatkan waktu reaksi Anda juga dapat membantu mencegah kecelakaan yang dapat menyebabkan cedera.
  • Pemulihan lebih cepat. Masalah keseimbangan umum terjadi pada orang dewasa lanjut usia, terutama jika mereka menderita stroke atau osteoporosis. Latihan keseimbangan dapat meningkatkan stabilitas seseorang, untuk membantu meminimalkan risiko kecelakaan yang melibatkan hilangnya keseimbangan.
  • Peningkatan komponen kebugaran fisik lainnya. Untuk menjaga keseimbangan, beberapa kelompok otot harus bekerja sama untuk menjaga tubuh tetap tegak. Melakukan latihan keseimbangan juga dapat membantu komponen kebugaran fisik lainnya seperti kekuatan dan daya tahan otot.

Latihan Keseimbangan Sederhana


Anda tidak harus mulai bekerja penuh untuk memaksimalkan manfaat latihan keseimbangan. Faktanya, Anda dapat melakukan beberapa latihan keseimbangan saat menjalani hari Anda. Kuncinya adalah konsisten dan lakukan latihan ini sesering mungkin. Berikut beberapa latihan keseimbangan sederhana untuk dicoba:
  • Jika Anda sedang mengantre di toko bahan makanan, menonton TV, atau bahkan hanya menyikat gigi, cobalah berdiri dengan satu kaki selama mungkin. Pastikan untuk menggeser berat badan Anda ke satu sisi tubuh. Lakukan gerakan ini secara bergantian dengan kedua kaki.
  • Cobalah berjalan dengan tumit-jari kaki selama dua puluh langkah tanpa goyah atau kehilangan keseimbangan. Jika Anda merasa ini sulit, coba lakukan di samping dinding untuk menenangkan diri.
Jika Anda benar-benar ingin melatih keseimbangan, olahraga seperti yoga dan tai chi bisa menjadi pilihan yang tepat. Yoga adalah bentuk kuno peregangan dan meditasi yang dapat meningkatkan keseimbangan Anda. Jenis latihan ini juga dapat bermanfaat bagi mereka yang tidak tertarik untuk melakukan latihan yang intens.

Demikian pula, tai chi adalah latihan berdampak rendah yang terdiri dari gerakan anggun dan peregangan lembut, sedangkan yoga lebih difokuskan pada berbagai peregangan dan pose.

Saat merancang latihan kebugaran atau rutinitas olahraga, penting untuk menyertakan latihan keseimbangan. Keseimbangan penting karena memungkinkan seseorang untuk menjaga keseimbangan bahkan ketika mereka sedang bergerak atau melakukan aktivitas fisik. Meningkatkan keseimbangan adalah kunci untuk mengurangi risiko seseorang mengalami kecelakaan atau jatuh.
Tags