Apa Pentingnya Fitnes untuk Kehidupan Sehari-hari?

duipee
Apa pentingnya kebugaran untuk kehidupan sehari-hari? Ini sangat penting karena tingkat kebugaran Anda memengaruhi kesehatan dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan. Kita sering mendengar bahwa kita perlu berolahraga secara teratur dan menjaga tubuh kita. Namun, perlu dibedakan beberapa istilah yang umum dipertukarkan: kebugaran, aktivitas fisik, dan olahraga.

Apakah kebugaran itu?

Kebugaran mengacu pada sekumpulan atribut yang dimiliki orang-orang. Berbeda dengan aktivitas fisik dan olahraga, fitnes lebih banyak tentang keadaan tubuh. Penelitian mendefinisikan kebugaran fisik sebagai kemampuan untuk menjalankan tugas sehari-hari dengan penuh semangat tanpa kelelahan dan dengan energi yang cukup untuk menikmati aktivitas santai dan menghadapi keadaan darurat yang tidak terduga.

Meskipun definisi tersebut mungkin terdengar secara konseptual, hal-hal seperti semangat, kewaspadaan, kelelahan, dan kenikmatan lebih sulit untuk diukur. Komponen kebugaran yang paling jelas dapat dibagi menjadi dua kelompok. Yang pertama berkaitan dengan kesehatan sedangkan yang kedua berkaitan dengan keterampilan yang mengukur kemampuan atletik.

Apakah aktivitas fisik itu?

Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot tubuh, yang menghasilkan pengeluaran energi. Energi dapat diukur dalam kilojoule (kJ) atau kilokalori (kkal). Semua orang melakukan aktivitas fisik untuk menopang kehidupan; namun, jumlah tersebut sebagian besar tergantung pada jumlah upaya yang dilakukan. Ini dapat sangat bervariasi antar orang, serta untuk orang tertentu dari waktu ke waktu.

Kategori aktivitas fisik bergantung pada waktu saat aktivitas dilakukan — misalnya, (1) Tidur, (2) Kerja, dan (3) Waktu luang. Aktivitas fisik juga terdiri dari beberapa elemen:
  • Gerakan tubuh melalui otot tubuh.
  • Menghasilkan pengeluaran energi.
  • Tindakan yang berhubungan dengan kebugaran fisik.

Apakah olahraga itu?

Olahraga sering digunakan secara bergantian dengan aktivitas fisik, meskipun kedua istilah tersebut tidak sama. Sebaliknya, olahraga adalah subkategori aktivitas fisik dan mengacu pada segala bentuk aktivitas fisik yang terstruktur dan berulang. Ia juga memiliki tujuan utama untuk memperbaiki tubuh seseorang secara fisik.

Manfaat Kebugaran


Pentingnya fitnes untuk kehidupan sehari-hari terletak pada segudang manfaat bagi mereka yang mencapai dan menjaga kebugaran jasmani dengan baik. Beberapa manfaat utama kebugaran fisik termasuk kemampuan untuk melakukan tugas tanpa menjadi lelah atau mengalami cedera, peningkatan tingkat energi sepanjang hari, risiko penyakit kardiovaskular dan masalah jantung yang lebih rendah, pencegahan atau perlambatan keseimbangan, tulang dan otot. kemunduran di tahap kehidupan selanjutnya, dan peningkatan harga diri, suasana hati, dan kesehatan mental.

Metode untuk mencapai kebugaran jasmani juga berbeda antara orang dengan orang lainnya. Sementara banyak orang mengandalkan olahraga tradisional, jenis aktivitas lain yang terkait dengan pekerjaan padat karya, pekerjaan rumah tangga, dan tugas sehari-hari juga dapat berkontribusi pada kebugaran fisik seseorang.

Artinya, orang yang tidak memiliki banyak waktu luang dapat menjadi bugar secara fisik tanpa pergi ke gym atau berlari selama berjam-jam. Latihan berdampak rendah seperti berjalan naik dan turun tangga dan ke toko, berkebun, mengajak jalan-jalan anjing dan membersihkan rumah juga dapat membantu meningkatkan kesehatan seseorang. Kegiatan ini dapat melengkapi latihan akhir pekan atau sesi latihan singkat sepanjang minggu dan diet sehat.

Jenis Latihan Kebugaran


Latihan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kebugaran Anda? Ada banyak bentuk olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan aspek tertentu dari kebugaran jasmani:
  • Daya Tahan dan Kardio. Ini mengacu pada aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan detak jantung dan pernapasan Anda. Latihan ini bertujuan untuk melatih stamina dan menjaga sistem peredaran darah, paru-paru, dan jantung tetap sehat. Contoh aktivitas tersebut termasuk berlari, berenang, jumping jack, dan olahraga seperti tinju.
  • Fleksibilitas. Latihan ini meregangkan otot dan menjaga tubuh tetap fleksibel untuk mengurangi risiko cedera saat berolahraga. Contohnya termasuk mencondongkan badan ke depan dan ke samping, cross-overs, peregangan lutut ke dada, dan peregangan hamstring sambil berdiri.
  • Kekuatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan dan kekencangan otot. Latihan kekuatan datang secara alami untuk individu tertentu, seperti pekerja yang melakukan kerja manual. Contohnya termasuk angkat beban, berjalan di bukit, bersepeda, push-up, sit-up, pull-up, bekerja dengan resistance band, dan pekerjaan berat seperti menyekop.
  • Keseimbangan. Latihan keseimbangan adalah aktivitas fisik yang melibatkan menjaga keseimbangan saat bergerak saat berada di permukaan yang tidak rata dan area yang tidak aman. Melakukan latihan keseimbangan juga membantu mencegah jatuh. Contoh latihan tersebut termasuk menyeimbangkan dengan satu kaki, keseimbangan berjalan, tai chi dan mengangkat kaki dengan dumbel.

Cedera olahraga dan motivasi kebugaran


Cedera olahraga selalu menjadi risiko bagi individu yang mengincar kebugaran. Persiapan dan pemanasan yang tepat adalah kunci untuk mencegah cedera. Penting juga untuk mengikuti rutinitas yang sesuai dengan tingkat kebugaran fisik Anda saat ini. Itulah mengapa yang terbaik bagi orang yang baru berolahraga untuk berkonsultasi dengan dokter dan instruktur kebugaran berlisensi saat menyusun rutinitas olahraga.

Mempertahankan motivasi juga penting untuk mencapai tujuan kebugaran jasmani seseorang. Banyak orang mungkin kehilangan motivasi ketika mereka menurunkan berat badan atau membentuk otot secepat yang mereka harapkan. Ingatlah bahwa cara paling berkelanjutan untuk mencapai dan mempertahankan kebugaran fisik adalah bekerja perlahan dan mantap untuk mencapai tujuan Anda. Jika Anda merasa kehilangan motivasi, bicarakan dengan dokter atau instruktur kebugaran tentang cara menyesuaikan rutinitas olahraga Anda.

Pentingnya kebugaran untuk kehidupan sehari-hari adalah sesuatu yang tidak bisa diremehkan. Menjadi bugar secara fisik memungkinkan kita menyelesaikan tugas sehari-hari — mulai dari membawa bahan makanan hingga membuka stoples hingga berjalan naik dan turun tangga — dengan mudah tanpa cedera atau kelelahan. Ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental, sistem kardiovaskular, sistem pernapasan, dan kondisi fisik kita di kemudian hari.
Tags