Mainan Terbaik Untuk Bayi 0 hingga 12 bulan

duipee
Perkembangan anak Anda tidak hanya bergantung pada nutrisi yang mereka dapatkan dari makanan yang mereka makan. Mainan yang mereka mainkan juga memiliki peran besar dalam tumbuh kembangnya. Agar orang tua dapat lebih membantu kemajuan keterampilan kognitif dan motorik anak-anak mereka, mereka perlu menyediakan mainan yang sesuai dengan usia mereka. Mainan apa yang terbaik untuk bayi di bawah 1 tahun? Mari kita cari tahu.

Apa Mainan Terbaik untuk Bayi Saya?


Ada ribuan mainan yang tersedia di pasaran. Untuk mengetahui mainan mana yang merupakan bayi terbaik di bawah 1 tahun, mari kita lihat daftar ini.

0 sampai 3 bulan

Mainan Kerincingan
Pola warna-warni mainan tidak hanya merangsang penglihatan bayi, tetapi juga meningkatkan pendengaran dan kewaspadaan mereka. Mainan kerincingan dapat menarik perhatian bayi Anda dan mendorongnya untuk mencari dari mana asalnya. Berbagai jenis mainan mainan juga dapat membantu mengembangkan genggaman si kecil dan beberapa juga dapat berfungsi ganda sebagai gigitan.

Play Gym dan Matras
Play Gym dan matras bermain adalah beberapa mainan paling populer yang biasa diberikan kepada bayi. Bayi berusia 0 hingga 3 bulan dapat menikmati bermain play gym karena memiliki banyak fitur, sehingga menciptakan lingkungan yang menstimulasi. Play gym membantu meningkatkan pengetahuan bayi Anda tentang warna, bentuk, pola, suara, dan juga dapat merangsang imajinasinya.

Buku Sensorik
Buku sensorik memberikan stimulasi multi-indera serta pembelajaran stimulasi sentuhan. Tekstur yang berbeda dalam buku sensorik membantu bayi terbiasa dengan jenis tekstur yang berbeda. Tekstur ini juga akan membantu mengembangkan dan meningkatkan indra peraba bayi.


3 sampai 6 bulan

Mainan Musik
Musik membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan sensorik bayi. Contoh terbaik dari mainan musik termasuk mainan yang dioperasikan dengan baterai yang memainkan sajak atau lagu anak-anak dan alat musik seperti gambang, piano, dan gitar.

Mainan Cermin
Mainan cermin adalah mainan terbaik untuk bayi di bawah 1 tahun karena memperkenalkan penemuan diri serta meningkatkan memori, sosial, dan keterampilan interaktif bayi. Mainan cermin ini membantu bayi mengenali fitur dan ekspresi mereka. Mainan cermin sering kali disertakan di play gyms atau buku bertekstur, tetapi Anda juga bisa membuat sendiri dan memberi bayi Anda cermin kecil (mungkin dari simpanan riasan Anda). Pastikan saja tidak ada ujung yang tajam dan selalu awasi si kecil.

Cangkir Susun
Gelas susun adalah mainan yang membantu meningkatkan keterampilan koordinasi tangan-mata bayi serta keterampilan motorik halus dan kasarnya. Bayi umur 6 bulan juga bisa belajar tentang konsep sebab dan akibat saat bermain dengan gelas susun.


6 sampai 12 bulan

Kubus Aktivitas

Kubus aktivitas kayu untuk bayi berisi permainan dan aktivitas yang berbeda. Permainan ini bagus untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar serta meningkatkan koordinasi tangan-mata dan keterampilan berpikir kritis. Bayi juga akan menyadari konsep sebab dan akibat saat bermain dengan aktivitas kubus.

Balok
Set bangunan atau balok adalah salah satu mainan terbaik untuk bayi di bawah 1 tahun karena membantu mengasah kreativitas dan imajinasi mereka. Balok juga dapat digunakan dengan berbagai cara, dan pasti akan berguna sampai bayi Anda menjadi balita.

Menumpuk balok atau membuat gambar darinya meningkatkan keterampilan motorik halus dan koordinasi mata dan tangan anak. Balok bangunan juga mengajarkan anak-anak usia 12 bulan tentang konsep matematika, geometri, gravitasi, dan keseimbangan. Anda akan melihat bahwa keterampilan membangun anak-anak Anda akan menjadi lebih kompleks saat mereka tumbuh.

Bola
Jika Anda mencari mainan yang bisa membuat bayi Anda bergerak, bola bisa menjadi pilihan yang baik. Bola adalah mainan serba guna yang mendorong anak untuk bergerak dan mengembangkan keterampilan motorik, meningkatkan genggaman, serta memperkuat otot.

Kendaraan Mainan
Kendaraan mainan terbaik yang dapat Anda berikan kepada anak Anda adalah kendaraan non-listrik. Kendaraan mainan yang dapat diatur ulang atau dikendalikan secara manual memiliki efek positif pada keterampilan motorik halus bayi Anda serta meningkatkan ketangkasannya. Bermain dengan kendaraan mainan juga dapat membantu mengembangkan keterampilan kognitif mereka.


Bagaimana Saya Dapat Memilih Mainan untuk Bayi Saya?


Ada faktor yang perlu diperhatikan orang tua saat membeli mainan untuk bayinya. Mainan terbaik untuk bayi di bawah 1 tahun adalah mainan yang dapat membantu mengasah keterampilan mereka karena masa kanak-kanak hingga balita adalah tahun-tahun terpenting bagi anak-anak.

Saat membeli mainan, pertimbangkan hal berikut.

Sesuai usia
Sebelum membeli mainan apa pun, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apakah mainan tersebut sesuai dengan usia bayi Anda. Anda tidak ingin membeli mobil mainan yang dioperasikan dengan baterai untuk bayi, bukan? Anda juga perlu mempertimbangkan kemampuan dan keterampilan bayi sebelum membeli mainan apa pun.


Keamanan bayi
Tidak diragukan lagi bahwa mainan selalu menghadirkan kegembiraan dalam kehidupan seorang anak. Namun, sebelum memberikan mainan baru kepada buah hati Anda, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah aman. Periksa kemasan atau mainan itu sendiri dari bahaya tersedak seperti boneka kecil, sekrup, dan pernak-pernik lainnya. Ingatlah bahwa mainan kecil yang lebih kecil dari mulut anak tidak disarankan untuk bayi.


Mendorong kreativitas, imajinasi, dan pembelajaran
Saat membeli mainan, Anda juga perlu melihat apakah mainan yang Anda pikirkan dapat membantu mengembangkan keterampilan anak Anda. Mainan anak-anak seharusnya tidak hanya untuk kesenangan dan hiburan tetapi juga untuk pembelajaran. Berikan mainan anak Anda yang dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasinya serta mainan yang dapat membantu mereka mengeksplorasi keterampilannya.


Mainan yang memotivasi anak Anda untuk bergerak
Selain mainan yang dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak, membeli mainan yang dapat mendorong anak untuk bergerak juga akan sangat membantu perkembangan fisiknya.


Memberikan interaksi antara anak dan orang tua atau pengasuh
Mainan juga dapat digunakan sebagai alat bagi orang tua untuk membangun ikatan dengan anak-anaknya. Ada mainan di pasaran yang membantu interaksi antara orang tua dan anak mereka. Dengan mainan ini, Anda tidak hanya dapat bersenang-senang dengan bayi Anda, tetapi Anda juga dapat melihat pertumbuhannya dan membimbingnya melalui perkembangannya.


Ada beragam mainan yang bisa Anda pilih. Anda dapat membeli yang sudah jadi dari toko atau bahkan membuatnya sendiri. Apapun mainan yang Anda pilih, itu tetap pada preferensi, keterampilan, dan usia bayi Anda.
Tags