X

Rugi Ongkos Kirim Bila Komplain di Bukalapak.com

Bukalapak.com adalah salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, dengan banyaknya promo yang sering diberikan menjadikan minat pembeli untuk membeli barang online di Bukalapak lebih besar.

Akan tetapi tidak semua berjalan sesuai yang diharapkan terkadang terjadi barang yang dikirimkan oleh penjual sesuai dengan pesanan. Dalam hal ini Bukalapak telah memfasilitasi masalah komplain tersebut.


Akan tetapi ada yang janggal dalam ketentuan komplain yang diberikan Bukalapak :


Ketentuan Komplain
  1. Lakukan diskusi komplain hanya pada halaman ini agar admin bisa menengahi jalannya diskusi dengan adil.
  2. Diskusi komplain yang dilakukan di luar halaman ini, seperti via chat (termasuk chat Bukalapak) dan media lainnya, tidak dianggap valid oleh admin untuk menengahi diskusi.
  3. Jadilah pembeli yang aktif berdiskusi agar permasalahan cepat selesai.
  4. Jika ada ongkos kirim pengembalian barang ke alamat pelapak ataupun Bukalapak, biaya tersebut akan ditanggung oleh pembeli.
  5. Jika pelapak tidak memberikan balasan dalam 5x24 jam sejak komplain diajukan, uang pembayaran akan dikembalikan ke BukaDompet milikmu setelah Bukalapak menerima barang yang kamu kembalikan ke Bukalapak.
  6. Jika kamu harus mengembalikan barang ke alamat pelapak ataupun Bukalapak kemudian kamu tidak memenuhinya sesuai tenggat waktu yang diberikan, komplain akan dibatalkan dan uang pembayaran akan diteruskan ke pelapak.
Hal yang janggal / tidak memihak terhadap perlindungan hak konsumen adalah mulai point ke tiga:

Point 3 Jadilah pembeli yang aktif berdiskusi agar permasalahan cepat selesai.
Sedangkan sebagai penjual / pelapak tidak ada ketentuan untuk proaktif menyelesaikan permasalahan.


Dua hari sejak komplain tidak ada jawaban dari Penjual / Pelapak,
Status Solusi : Menunggu persetujuan pelapak.
Tidak ada ketentuan Pelapak aktif berdiskusi agar permasalahan cepat selesai.
Screenshot diambil tanggal 21 November 2017 jam 16.08 WIB
Pelapak login di Bukalapak tetapi tidak menggubris / menjawab komplain konsumen.

Beberapa kali belanja di Bukalapak, baru nemu pelapak yang seperti ini


Point 4 Jika ada ongkos kirim pengembalian barang ke alamat pelapak ataupun Bukalapak, biaya tersebut akan ditanggung oleh pembeli.

Bagaimana nasib pembeli di luar Jawa bila barang yang dikirim dari Jakarta, RUGI ONGKOS KIRIM banyak banget.
Tidak ada win-win solution.

Point 5 Jika pelapak tidak memberikan balasan dalam 5x24 jam sejak komplain diajukan, uang pembayaran akan dikembalikan ke BukaDompet milikmu setelah Bukalapak menerima barang yang kamu kembalikan ke Bukalapak.

Point 6 Jika kamu harus mengembalikan barang ke alamat pelapak ataupun Bukalapak kemudian kamu tidak memenuhinya sesuai tenggat waktu yang diberikan, komplain akan dibatalkan dan uang pembayaran akan diteruskan ke pelapak.

Jadilah Pelapak yang pura-pura BEGO, gak usah ditanggapi keluhan / komplain konsumen, toh dalam 5 hari akan balik modal / barang.

Pembeli tinggal gigit jari, kacian deh loe. DL ( Derita LOE )

Tidakkah celah ini dimanfaatkan pelapak nakal, atau pihak tertentu yang mungkin ingin menghancurkan kredibilitas Bukalapak.com

GEBLEG nya lagi, urusan komplain belom kelar muncul notifikasi pemberian Ulasan Barang

Sistem apaan nih ???
 


Belanja online shop tidak hanya sekali ini saja, bukannya sombong tetapi telah melakukan beberapa kali transaksi dengan beberapa ecomerce besar juga.

Tidak banyak yang dibeli, tapi pernah belanja di online shop sekelas AMAZON.com, itu juga di tahun 2015 untuk selanjutnya berat diongkos kirim dan bea masuk ke Indonesia. So far So good, pelayanan OK, barang sesuai pesanan. Dompet yang dikirim original merk Calvin Klein, yang lain memang made in china sesuai deskripsi barang.

Ecomerce di Indonesia pertama kali yang ada yang aku kenal, sudah belanja juga di LAZADA.co.id. Produk yang dikirim sesuai orderan, kualitasnya bagus, packing rapi - aman, tidak ada komplain.

Lumayan banyak transaksi di sini, cuman 6 halaman rekapitulasinya. Produk campur aduk, lokal dan produk china. Mulai males belanja di TOKOPEDIA.com setelah ketemu penjual yang songong, proses komplainnya lama. tetapi bagusnya di tokopedia dalam 2 hari tidak ada perkembangan penyelesaian komplain - admin tokopedia turun gunung membantu penyelesaiannya. Tidak seperti di toko sebelah (BL) sampai saat ini sibuk bertapa, bukannya nyudutin tetapi kenyataannya begitu.
Proses Komplain Tokopedia.com lama banget
Baru nyobain belanja di SHOPEE.co.id barang masih dalam proses pengiriman. Judul produk dan deskripsi jelas ada kesesuaian, produk jelas made in Lokal apa produk china disebutkan di situ.

Belanja di BUKALAPAK.com lumayanlah sering( capek bikin screen shootnya ) kalau maksa KEPPO tanya aja admin bukalapak ;)

Semoga hal ini menjadikan koreksi managemen Bukalapak agar lebih meningkatkan pelayanannya kepada konsumen, ada keberpihakan terhadap konsumen.
Lebih selektif merekrut pelapak
Entar ini kali jadi viral terus main tuntut-tuntutan UU ITE, Grow up Man - dewasalah sedikit menerima kritikan.

Update: 22/11/2017 15:12 WIB


Akhirnya admin bukalapak turun gunung juga, seperti pulisi di film india TELAT, cerita mau habis baru datang.

" Hai Pelapak, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. bla.... bla...bla..."
prolognya bikin GELI, yang tidak nyaman itu Pembeli Bos, barang tidak sesuai pesanan, coba pikirkan bila barang yang dibeli urgent untuk segera dipakai, tapi kayaknya pada MALES MIKIR.
maybe the robot system that answers is not human 

Semestinya, yang etis diawal bila konsumen ada komplain langsung dijawab
" Hai PEMBELI, Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Berdasarkan bukti yang Anda lampirkan Kami akan segera membantu meneruskan keluhan Anda kepada Pelapak agar segera diselesaikan "

Biar sedikit menentramkan kegalauan pembeli. Gitu kok mesti diajarin, bisa bikin system canggih tapi gak humanist.

Tambah geli lagi dicuekin juga sama pelapak : STATUS SOLUSI Menunggu persetujuan pelapak.

Masihkah nanti pelapak seperti ini dipertahankan di Bukalapak ? biarlah dunia yang menilainya.
Bila masih eksis pelan tapi pasti akan seperti cancer yang menggerogoti kredibilitas bukalapak, ini baru satu bayangkan bila 10, 100, 1000 ..... yang attitude nya seperti ini.

Update: 24/11/2017 10:50 WIB

Pelapak mengganti Solusi Komplain dengan Pengembalian Uang, tanggal 24 jam 07.52 WIB


Kok enak banget, cuci tangan - tidak bertanggung jawab. Barang return karena salah warna dan ukuran sebelumnya sudah dikonfirmasi ke Pelapak stock tersedia. Kalo ujung-ujungnya nanti alasan stock yang dimaksud habis ( barang fast moving ) biasa jurus ngeles, cari selamat. Kenapa dari awal tidak dikonfirmasi ke pembeli???
Gak bisa dipercaya, bisnis online kok seperti pasar senggol.
Kalo mau nepu jangan di Bukalapak, kasian mas Achmad Zaky udah capek-capek mbangun kredibilitas Bukalapak selama ini.

Terus kalo pengembalian uang, ongkos kirim return barang ditanggung pembeli, entar beli di pelapak lain nanggung ongkos kirim. Gak CINCAI kayak iklan Bukalapak.

Update: 25/11/2017 10:23 WIB